Mempartisi Micro SD (ANDROID)

Waaa.....Udah lama gak ngeblog nih gara2 nya ngurusin kuliah dan bentar lagi Skripsi. Oke, kali ini ak akan kasih tutorial cara memindahkan aplikasi yang terinstal di internal memori ke eksternal memory dengan Link2sd dan mempartisi MicroSD dengan menggunakan mini partition toll.

Sebelumnya, apa sih kegunaan mempartisi MicroSD di HH Android? Partisi MicroSD digunakan biasaanya untuk HH Android yang hanya diberi kapasitas memori internal kecil. Padahal jika kita sudah pegang HH Android tuh kepengennya utak-atik dan instal banyak aplikasi. Nah, karena hanya memiliki kapasitas kecil maka kita tidak bisa banyak menginstal aplikasi. Tapi inilah salah satu dari sekian banyak kehebatan HH Android, kita bisa mengutak-atiknya agar aplikasi bisa di instal ke memory eksternal dan hanya sebagian kecil sekali yang masuk ke internal.

Nah,disini aku menggunakan Link2sd karena dibandingkan dengan App2sd, aplikasi ini lebih mudah penggunaannya dan tidak ribet penginstalannya dan kegunaannya pun sama dengan App2sd.

oke langsung aja ini carannya.
1. HH Android sobat harus dalam keadaan root. Jika belum tau root baca dulu INI.
2. Download aplikasi Mini Partition Tool.
3. Aku sangat menyarankan menggunakan catrider untuk mempartisi HH sobat agar tidak mengganggu proses partisi.
4. Instal Mini Partition Toll di komputer sobat.
5. Masukkan sdCard sobat ke catrider lalu sambunggkan dengan komputer.
6. Backup isi dari sdCard sobat ke komputer (optional)
7. Partisi sdCard menjadi 2 (jangan jadi 3) yaitu partisi pertama dan kedua dengan format FAT32 primary semua.(yang partisi pertama lebih besar dari partisi yang kedua karena partisi pertama digunakan untuk menyimpan file2 sobat.partisi kedua lebih kecil karena untuk menginstal aplikasi dan tidak lebih dari 1 Giga karena android hanya bisa membaca max 1Giga untuk partisi eksternal instalasi.
8. Setelah selesai mempartisi, masukkan sdCard ke HH Android sobat. Lalu download Link2sd di Android market gratis atau bisa di SINI.
9. Setelah terinstal, buka aplikasinya. Nanti muncul pilihan format. pilih yang Fat32/16. (permintaan superuser di allow)
10. Lalu pilih aplikasi yang ingin sobat pindah ke eksternal memory tadi. Pilih aplikasinya lalu pilih "create link"
11. Lihat di menu lalu storage info.
Partition telah berhasilll........hahahaha
Sekian tutorial yang sudah saya praktekan sendiri. Jangan takut untuk mencoba karena cara ini lebih mudah daripada menggunakan app2sd. Semoga membantu.


sumber:
Google.com
Pengalaman pribadi
sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Djamal Droid © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score